Jumat, 08 Juni 2012

Gemscool Indonesia Deindex?

Bagi para Webmaster dan SEOer, ada sisi yang menarik belakangan ini di SERP Google, terutama dalam hal kata kunci. Kita lihat, belakangan ini, terjadi gonjang ganjing di dunia maya, perubahan drastis letak-letak situs di SERP. Kita ambil contoh sesuai dengan judul yaitu : Gemscool Indonesia Deindex.

Gemscool Indonesia dengan alamat di http://gemscool.com setidaknya seminggu terakhir ini hilang dari peredaran google.co.id. Bagi seorang pemerhati, ini berarti situs tersebut tengah menghadapi masalah serius, setidaknya dari sudut pandang Algoritma Panda dan Penguin

gemscool indonesia deindex

Bagaimana mungkin situs dengan istilahnya keyword on domain, bisa kalah dengan situs-situs yang notebonenya adalah tengah menembak kata kuncinya? Kita ibaratkan saja situs ini : http://www.poztmo.com, jika anda mengetikkan kata kunci POZTMO di SERP google, Insya Allah, halaman pertama, setidaknya posisi pertama akan di isi url dari situs ini, bukan dari situs orang.

Kebalikannya dengan situs Gemscool.com. Jika kita mengetikkan kata kunci Gemscool, maka yang akan ada di halaman depan adalah dipenuhi oleh situs-situs sniper keyword, yaitu :
hxxp: // *******.blogspot.com
hxxp:// *******.com
hxxp:// blablablabla bla, tapi tidak ada domain aslinya : http://gemscool.com, bahkan setelah di cek sampai halaman sekian puluh.

Kalau dalam bahasa anak TK, itu berarti ada tiga kemungkinan :
  • Kena Deindex
  • Kena Deranking
  • Kena Gogle Dance

Masalah arti atau maksud dari ketiga kemungkinan tersebut, saya serahkan kepada pihak yang berwajib (google) untuk menjelaskannya. ^_^

Namun dengan begini kita melihat, bahwa situs aslinya tersebut dianggap tidak layak berada di halaman depan SERP, yang berarti secara garis pandang si Mbah adalah : Gemscool.com Content is bad.

Semoga, segera Admin dari situs tersebut menyadarinya, dan memperbaikinya, misalnya dengan menganti themenya agar lebih SEO friendly (sekalian promosi : Blogspot SEO Friendly template). Sayang kan jutaan visitor tiap hari harus rela dulu nyasar ke situs2 snipper keyword (termasuk situs ini .. xixixixi) sebelum kemudian diserahkan pada pihak yang berkepentingan (situs aslinya).

Sekian saja informasi tentang Gemscool. Mudah-mudahan bukan deindex, atau hanya gonjang-ganjing biasa di dunia Maya.