Minggu, 16 Januari 2011

Tentang katak bertanduk dari Amazon yang rakus



Hal pertama yang menonjol dari katak amazon bertanduk ini adalah ukurannya. Amfibi gemuk ini dapat tumbuh hingga 8 inci (20 cm) panjang dan akan mencakup cawan teh. Mereka ditemukan di rawa-rawa air tawar dan kolam sepanjang Basin Amazon, dari Kolombia ke Brasil.

Mereka disebut bertanduk karena matanya runcing.

Katak amazon bertanduk ini mencapai kegemukannya tergantung pada apa yang mereka makan, semakin banyak mereka makan, semakin besar lah tubuh mereka.

Dalam menangkap mangsanya, mereka bersembunyi di dalam lumpur sehingga yang tampak cuman sebagian kepala dan matanya saja dan ketika mangsa yang ukurannya tidak sebesar tubuhnya lewat , mereka muncul dari lumpur dan menelan seluruh mangsanya, mengunci di rahang mereka dengan gigi yang tajam.

http://img340.imageshack.us/img340/4166/amazonhornedfrog.jpg
Seperti inilah cara mereka menangkap mangsa



Katak amazon bertanduk ini sangat rakus , sehingga sering ditemukan dalam keadaan mati ketika mulut mereka masih mencoba menelan mangsa mereka yang besar.

http://img641.imageshack.us/img641/2659/hornedfrog.jpg
Ketika katak amazon bertanduk jantan menelan mangsanya


Katak amazon bertanduk yang berjenis kelamin betina lebih besar ukurannya, namun warnanya tidak secerah yang dimiliki oleh jantan. Jantan biasanya berwarna hijau gelap.

http://img18.imageshack.us/img18/3222/317714563319486ecdcc.jpg
Katak amazon bertanduk betina yang kurus


sumber : National Geographic
sumber foto : Google