Rabu, 23 Maret 2011

LAGU UDIN SEDUNIA KENA CEKAL

Lagu Udin Sedunia Kena Cekal. Nasibudin, mungkin nama itulah yang cocok untuk udin saat ini. Baru sesaat mengorbit dan terkenal, kini Lagu Udin Sedunia Kena Cekal. Menurut informasi hasil googling Lagu Udin Sedunia di Cekal oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Nusa Tenggara Barat. Ada apa ya dan kenapa Lagu Udin Sedunia Kena Cekal?

Lagu Udin Sedunia Kena Cekal

Lagu Udin Sedunia Kena Cekal, Gara-gara Sarafudin, Tahirudin dan Sapiudin

Hasil Rapat pleno Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Nusa Tenggara Barat menyimpulkan lagu "Udin Sedunia" yang diciptakan dan dinyanyikan Sualudin asal Lombok memuat lirik tidak pantas karena berkonotasi negatif terhadap nama seseorang.

Lebih lanjut seperti yang di ungkapkan oleh Sukri Aruman, Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Nusa Tenggara Barat (NTB) Sukri Aruman di Mataram, beberapa lirik lagu Udin Sedunia itu bisa dijadakan bahan olok-olok atau tertawaan terhadap mereka yang bernama Sarafudin, Sapiudin dan Tahirudin.

"Lirik tersebut bertentangan dengan pasal 7 dan 9 Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran tentang Penghormatan terhadap nilai-nilai kesukuan, agama, ras dan antargolongan serta penghormatan terhadap norma kesopanan"

"Pasal tersebut juga menegaskan agar isi siaran dilarang memperolok, merendahkan, melecehkan atau mengabaikan nilai-nilai agama serta martabat manusia Indonesia"

Dan buntutnya kini pihak KPID NTB meminta lembaga penyiaran baik radio maupun televisi melakukan sensor khususnya terhadap nama Sarafudin, Tahirudin dan Sapiudin. Sensor ini juga berlaku untuk lagu ataupun video udin sedunia, baik versi lagu `Cilokaq Sasak Remix` maupun `Reggae Rap` Indonesia.

Dasar pencekalan Lagu Udin Sedunia oleh KPID NTB adalah hasil kesimpulan pada rapat pleno yang di hadiri oleh Ketua MUI Prof H Saiful Muslim MM, budayawan/seniman Mustakim Biawan dan HL Agus Fathurrahman, serta pakar komunikasi dan dosen IAIN Mataram Dr. Kadri, MSi.


Waduh padahal Lagu Udin Sedunia itu cukup enak didengar dan menghibur..eee..gak tahunya malah Lagu Udin Sedunia Kena Cekal...Nasibudin dech