Minggu, 19 Februari 2012

Lalat buah juga suka Alkohol

Manusia bukan satu-satunya spesies yang suka mengkonsumsi alkohol. Beberapa jenis mamalia diketahui juga melakukannya. Kini, ilmuwan menngetahui bahwa lalat buah (Drosophila melanogaster) pun doyan alkohol, bahkan menjadikannya sebagai obat.


Larva lalat buah memakan buah busuk dan telah terfermentasi. Jenis lalat buah mengembangkan resistensi tinggi terhadap alkohol yang berguna melawan tawon parasit.


Ilmuwan mempelajari dua spesies tawon yang meletakkan telurnya di dalam larva lalat buah. Ketika telur tawon menetas, bayi tawon memakan larva lalat dari dalam ke luar. Jika lalat buah mengkonsumsi banyak alkohol, tawon sulit untuk meletakkan telurnya di dalam larva lalat buah. Bahkan jika tawon melakukannya, tak akan banyak telur yang menetas.


Dalam studi terbaru yang dilakukan oleh Neil F Milan dari Emory University Amerika Serikat dan rekannya, terungkap bahwa larva lalat buah mengkonsumsi alkohol ketika mereka terinfeksi oleh telur tawon. Larva lalat buah menjadikan alkohol sebagai obat.


Peneliti mengungkapkan, sejauh ini tak ada bukti bahwa manusia mengkonsumsi alkohol untuk mengontrol parasit. Namun, mungkin inilah saatnya melakukan penelitian.


Riset Milan dan rekannya dipublikasikan jurnal Current Biology yang terbit Kamis (16/2/2012).

sumer : Kompas