Kamis, 17 Maret 2011

Heroik & Mengharukan: Kisah Jibaku 180 Pekerja atasi Kerusakan PLTN Fushima Jepang !


"Predikat pahlawan layak disandangkan pada para pekerja PLTN Fukushima yang kini terus berjuang meminimalisasi dampak radiasi," kata mantan pejabat Departemen Energi Amerika Serikat, Robert Alvarez. Mereka, katanya, mengesampingkan keselamatannya demi mencegah bencana yang lebih besar.

Ribuan orang yang tinggal di dekat pembangkit listrik bermasalah Fukushima Daiichi nuklir telah dievakuasi dari rumah mereka karena risiko kebocoran radiasi dari reaktor yang rusak akibat gempa dahsyat pekan lalu.

Tetapi di saat yang sama, 180 pekerja justru mendekati lokasi PLTN. Mereka sadar risikonya -- seringan-ringannya adalah mengalami kanker -- untuk melawan ancaman krisis.

"Para pekerja di situs ini terlibat dalam upaya begitu heroik," katanya pada CNN. "Ada bukti-bukti fragmentaris setidaknya bahwa di beberapa tempat di situs ini ada dosis radiasi mengancam nyawa."

Para pekerja di situs dikatakan sangat terlatih dan berpengalaman sebagai operator nuklir, insinyur, dan staf keamanan dengan pengetahuan yang sangat khusus.

Richard Wakeford, dari Dalton Nuklir Institute di University of Manchester, juga angkat topi bagi ke-180 orang ini. "Mereka melihatnya sebagai melakukan pekerjaan mereka," katanya. "Jepang secara khusus didedikasikan untuk tugas, dan mereka akan melihatnya sebagai tugas untuk melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan."

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, rata-rata orang terkena radiasi sekitar 3,0 millisieverts (mSv) per tahun. Tetapi pemantauan di situs Daiichi Fukushima telah mencatat radiasi setinggi 400 millisieverts dalam satu jam - tingkat yang sangat berisiko bagi kesehatan manusia.

Paparan 1.000 millisieverts (1 Sievert) radiasi dapat menyebabkan penyakit radiasi.

"Sulit untuk mendapatkan gambaran yang jelas, tetapi sudah ada lonjakan radiasi dosis besar, cukup tinggi untuk risiko penyakit radiasi," kata Dr Ira Helfand, seorang anggota organisasi Dokter untuk Tanggung Jawab Sosial.

"Orang-orang sedang menjalani radiasi total di tubuhnya, yang dapat menyebabkan leukemia dan limfoma serta kanker tiroid di kemudian hari," katanya
http://www.republika.co.id/berita/br...pltn-fukushima


Pakar Nuklir AS: Radiasi di Ambang Mematikan

Greg Jaczko, Ketua Komisi Pengaturan Nuklir AS (NRC), mengatakan upaya untuk mendinginkan reaktor dengan air laut dan mencegah batang bahan bakar meleleh tampaknya gagal. "Pekerja di sekitarnya bisa terkena dosis radiasi yang berpotensi mematikan," katanya.

Reaktor itu berada di area pusat listrik pembangkit listrik bertenaga nuklir (PLTN) Fukushima.

Menteri Energi AS, Steven Chu, mengatakan bahwa situasi di PLTN itu tampaknya lebih serius daripada krisis parsial di PLTN Three Mile Island di Pennsylvania pada tahun 1979.

Selama hari-hari krisis Fukushima, perhatian telah beralih dari gedung reaktor 1 sampai 3, reaktor ke 2, kembali ke 3 - dan sekarang, ke 4.

Bukan reaktor aktual yang menyebabkan keprihatinan. Sebaliknya, adalah pada kolam menyimpan batang bahan bakar yang telah diambil dari reaktor ketika ditutup untuk pemeliharaan sebelum gempa terjadi.

Ada laporan bahwa tingkat air rendah, dan sekarang Komisi Pengaturan Nuklir AS (NRC), yang memiliki tim penasihat ahli di Jepang, mengatakan kolam telah benar-benar kering.

Ini berarti batang bahan bakar kemungkinan sudah terkena udara. Tanpa air, mereka akan lebih panas, yang memungkinkan bahan radioaktif untuk menguap. NRC mengatakan tingkat radiasi mungkin sangat tinggi, mengundang potensi bahaya baru bagi pekerja di PLTN.

Perusahaan pengelola LTN bahkan telah memperingatkan "kembali memasuki masa kritis" - bahwa sebuah reaksi berantai nuklir bisa mulai antara batang bahan bakar di kolam yang sekarang kering. "Itu tidak akan menyebabkan ledakan nuklir tetapi akan meningkatkan pelepasan zat radioaktif."

Departemen Luar Negeri Amerika mendesak warga Amerika yang tinggal di dalam radius 80 km (50 mil) dari Fukushima Daiichi, yang terletak 220 km dari Tokyo, untuk meninggalkan area zona eksklusi yang lebih luas daripada 20 km yang disarankan oleh pemerintah Jepang.

Beberapa personil militer AS di Jepang telah diberi tablet untuk menolak efek radiasi yang mungkin.

Inggris kini telah menyarankan warganya saat ini di Tokyo dan di sebelah utara ibukota untuk mempertimbangkan meninggalkan daerah itu.

Pekerja telah menyiram reaktor dengan air laut dalam usaha panik untuk menstabilkan suhu. Tapi helikopter dikerahkan untuk membuang air di fasilitas pada hari Rabu ditarik keluar di tengah kekhawatiran terhadap tingkat radiasi di udara di atas situs tersebut.

Unit Polisi telah diminta untuk membawa meriam air, biasanya digunakan dalam pengendalian kerusuhan, untuk disemprotkan pada batang bahan bakar.
http://www.republika.co.id/berita/br...bang-mematikan



Pekerja Kembali Dikirim ke PLTN Fukushima

Tingkat radiasi yang di atas ambang batas aman Rabu pagi memaksa para pekerja darurat menarik diri dari lokasi PLTN. Para teknisi menyiram reaktor nuklir dengan air laut dalam kepanikan untuk mendinginkan reaktor harus mundur pada akhir pagi. Namun sore harinya, operator pabrik memerintahkan para teknisi kembali ke situs pada malam hari setelah tingkat radiasi mereda.

Pada jam-jam itu, tidak jelas apa operasi lanjutan. Pejabat hanya memberikan informasi sepotong-sepotong tentang reaktor.

Tetapi kantor berita Reuters melaporkan, kondisi di pabrik Dai-ichi Fukushima tampaknya memburuk. Awan putih uap seperti melayang dari satu reaktor yang, kata pemerintah, kemungkinan memancarkan ledakan radiasi yang menyebabkan penarikan pekerja. Operator pabrik melaporkan terjadi kebakaran di reaktor lain untuk kedua kalinya dalam dua hari.

Pada satu titik, NHK nasional menunjukkan helikopter militer melakukan survei tingkat radiasi di atas kompleks, mempersiapkan diri untuk membuang air ke reaktor yang paling bermasalah dalam usaha putus asa untuk endinginkannya. Namun Kementerian Pertahanan kemudian mengatakan mereka hanya melakukan penerbangan latihan, dan tidak punya rencana untuk membuat drop air di udara.

"Kecemasan dan kemarahan dirasakan oleh orang-orang di Fukushima telah mencapai titik didih," kata gubernur Prefektur Fukushima, Yuhei Sato, dengan kesal dalam sebuah wawancara dengan NHK. Dia mengkritik persiapan untuk evakuasi jika kondisi memburuk dan mengatakan pusat tidak siap untuk evakuasi puluhan ribu orang, karena tidak memiliki cukup makanan panas dan kebutuhan dasar.

Jutaan orang berjuang untuk hari kelima dengan sedikit makanan dan air panas, untuk melawan suhu dingin yang berubah menjadi salju di banyak daerah. Polisi mengatakan lebih dari 452 ribu orang tinggal di tempat penampungan sementara, sering tidur di lantai di gimnasium sekolah.
http://www.republika.co.id/berita/br...pltn-fukushima

--------------

Tidak semua manusia itu hidup hanya mementingkan dirinya sendiri, bahkan, sebenarnya lebih banyak manusia yang bersedia mengorbankan nyawanya sekalipun untuk orang lain, hanya untuk sebuah keyakinan, kebenaran dan nilai-nilai kebaikan yang lebih besar ...