Jumat, 27 Juli 2012

Cara Melihat Hilal

Cara Melihat Hilal – Assalamu ‘alaikum Wr Wb. Apa kabar kawan unik ? semoga masih tetap dan selalu dalam perlindungan – NYA. Menyambung dari pembahasan kita pada artikel Hilal Ramadhan 2012. Kali ini Galeri Info Unik akan membahas tentang Cara – Cara Melihat Hilal secara detail yang bisa dan dapat saya sampaikan. Maklum lah saya juga masih banyak kekurangannya, he he he he he.

Cara Melihat Hilal ini saya dapatkan dari beberapa sumber di Internet, dan tentunya sudah lama teruji. Oke, sebelum kita membahas Cara Melihat Hilal, bagi yang belum tahu Hilal itu apa, ada baiknya kita kenalan terlebih dahulu. Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel Hilal Ramadhan 2012, Hilal adalah bagian dari fase fase bulan Hijriah yang menandakan terjadinya pergantian bulan bulan Hijriah / kalender Islam.

Nah, setelah kita tahu dan mengerti apa yang disebut dengan Hilal, maka pembahasan berikutnya akan menjadi lebih mudah dipahami juga. Yups, lanjut ke pembahasan, ciri – ciri dari terjadinya Hilal adalah disaat matahari telah terbenam dan ketinggian bulan di atas garis horison tidak kurang dari dua derajat ( 2° ) dan jarak lengkungan bulan – matahari tidak kurang dari tiga derajat ( 3° ).

Dari syarat terjadinya Hilal tersebut, pastinya kita menggunakan teropong untuk melihatnya. Dan juga menggunakan alat yang lebih canggih lagi untuk keakuratan besarnya derajat jarak antara garis horisontal terhadap bulan yang menjadikan matahari sebagai titik tengahnya.

Sedangkan menurut kriteria danjon hilal dapat terlihat tanpa alat bantu jika minimal jarak sudut (arc of light) antara Bulan - Matahari sebesar tujuh derajat ( 7° ). Contohnya ada pada gambar dibawah ini :

Cara Melihat Hilal
Cara Melihat Hilal
Lanjut ke pokok pembahasan, Cara – Cara Melihat Hilal ada dua macamnya, seperti yang sudah kawan ketahui yaitu Metode Hilal Rukyah dan metode Hilal Hisab. Artian dari Rukyah adalah aktivitas dalam mengamati visibilitas Hilal, yakni penampakan sebuah bulan sabit yang pertama kali muncul setelah terjadinya ijtimak / konjungsi. Jadi Hilal Rukyah adalah metoe penetuan pergantian bulan hijriah dengan melihat secara langsung proses penampakan bulan sabit dengan dan tanpa alat bantu pada saat terbenamnya matahari an posisi bulan berada di ufuk barat.

Cara / metode berikutnya adalah Hilal Hisab. Artian Hisab pada umumnya adalah perhitungan, jadi metode Hilal Hisab adalah metode penentuan pergantian bulan bulan Hijriah berdasarkan perhitungan – perhitungan dan keakuratan secara astronomi atau ilmu falak. Contohnya adalah dalam pembuatan kalender Hijriah, dan tokoh tokoh Hilal Hisab adalah Al Biruni, Ibnu Tariq, Al Khawarizmi, Al Batani, dan Habash.

Dari penjelasan diatas kita bisa mengetahui mengapa masih terjadi sebuah perdebatan tentang penetuan terjadinya Hilal, dikarenakan ada dua metode yang berbeda padahal saling berkaitan. Ini semua tergantung darimana kita meyakininya betul ?.

Bagaimana kawan ? cukup jelas bukan pembahasan tentang Cara Melihat Hilal ini ? kalo masih belum puas kawan bisa mencarinya baik di dunia nyata maupun maya karena sumber ilmu ada dimana – mana, hanya saja kita tidak mengetahui keberadaannya hehehe.

Okelah, mungkin cukup sampai di sini pembahasan kali ini, ingat hindari perbuatan tercela seperti Judi, narkoba, dan kawan – kawannya. Perbanyak Belanja Online untuk hari raya ups, salah, perbanyak amal baik agar hidup menjadi banyak pahala bagai Hosting yang jebol karena membludaknya visitor.

Jika banyak kesalahan penulisan maupun tafsir saya mohon maaf karena saya juga masih belajar, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa like dan berkunjung lagi ya, sekian dan terimakasih.

Wassalamu 'alaikum Wr Wb.