Minggu, 18 September 2011

Sejumlah 1.200 Orang Warga Israel Bugil Massal di Laut Mati

...Sejumlah 1.200 Orang Warga Israel Bugil Massal di Laut Mati...

Tel Aviv - Sedikitnya 1.200 warga Israel terlibat dalam sebuah momen unik cenderung 'gila', yaitu foto massal dalam keadaan bugil di Laut Mati. Acara yang diselenggarakan Spencer Tunick, fotografer Amerika berdarah Yahudi, ini ditujukan untuk mempromosikan Laut Mati masuk daftar 7 keajaiban alam dunia.

"Ini bukan sekadar membuat seni, melainkan untuk merayakan 'sesuatu' ini terjadi di Israel," kata Tunick dalam the Jarusalempost, 17 September 2011. Tunick memang dikenal sebagai fotografer kontroversi yang sebelumnya pernah mengerjakan berbagai proyek serupa, seperti foto manusia telanjang di Meksiko, Swiss, sampai Sydney Opera House di Australia.

Pemotretan di lokasi Laut Mati yang dirahasiakan itu dilakukan pada Sabtu pagi, 17 September 2011, waktu Israel. Warga pilihan yang bersedia melakukan bugil massal harus rela berbondong-bondong memadati Stasiun Tel Aviv sekitar pukul 01.00 dini hari. Mereka terdiri dari warga berusia 18 sampai 70 tahun.

Meski tujuan pemotretan sebagai kampanye sekaligus protes terhadap kerusakan di Laut Mati yang terancam kering pada 2050, aksi ini menuai protes dari para pemuka agama dan politikus Yahudi. Mereka mengancam akan menggagalkan sekaligus memenjarakan Tunick jika nekad menyelenggarakan foto bugil massal.

Toh, acara tetap bergulir. Tunick sengaja memilih pemotretan pada hari Sabtu tepat di hari libur umat Yahudi. Alhasil, acara pemotretan yang dilakukan mulai pukul 05.00 pagi dan berlangsung selama dua jam itu sukses. "Ini momen yang paling indah," kata Tunick bangga.

Seorang partisipan bugil bernama Zev asal Tel Aviv merasa ada kebebasan saat menanggalkan semua pakaiannya di hadapan ribuan orang. "Seperti kembali menghormati hubungan manusia dengan alam," katanya.

Laut Mati adalah danau yang membujur di daerah antara Israel, Daerah Otoritas Palestina, dan Yordania. Di 417,5 meter di bawah permukaan Laut Mati dipercaya sebagai titik terendah di permukaan Bumi.

Secara geologi, Laut Mati terbentuk tiga juta tahun yang lalu ketika timbul retakan kecil pada Jordan Riff Valley, di mana air laut masuk dan terkumpul, iklim kering dan evaporasi tinggi meningkatkan konsentrasi mineral dalam air. Garam, kapur, dan gypsum terdapat pada sepanjang retakan ini dan membentuk danau dengan kandungan garam tertinggi di dunia.

RUDY

___________________________________________________________________

Sent from my BlackBerry® powered by TwitterFeeds.blogspot.com. Send funny Pictures & Humor Articles via email to: kumpulan.humor@gmail.com