Rabu, 16 Mei 2012

Perhiasan Berlian Kerajaan Inggris

Kerajaan Inggris memiliki banyak perhiasan baik itu dari emas, permata, berlian, dan benda-benda bernilai lainnya, yang dibentuk menjadi kalung, cincin, tongkat kerajaan, mahkota kerajaan Inggris dan tiara. Dari sekian banyak perhiasan yang dimiliki oleh Kerajaan Inggris tersebut, terdapat hal menarik dimana terdapat 9 buah perhiasan yang dibentuk dan dibuat hanya dari satu bongkah batu berlian.

Yap, Batu berlian itu disebut sebagai Cullinan Diamond atau Berlian Cullinan, sebongkah batu berlian yang sangat besar dan berbobot 3.106 karat. Ada sejarah menarik dari batu berlian Cullinan ini. Tersebutlah bahwa berlian raksasa ini pertama kali ditemukan di pertambangan berlian Pretoria di wilayah Afrika Selatan pada tahun 1905. Pemimpin pertambangan itu mengira bahwa batu itu hanyalah kristal biasa yang tak berharga karena ukurannya yang terlalu besar, sehingga membuangnya begitu saja (padahal kalau dia tahu bahwa itu berlian asli yang sangat bernilai, mungkin akan beda ceritanya).

Batu Berlian Terbesar Kerajaan Inggris - Cullinan Diamond
Replika Ukuran & Bentuk Asli Cullinan Diamond

Kemudian seorang juru tulis menemukan "kristal" tersebut dan menyadari bahwa itu berlian asli, dan mengirimnya ke London untuk ditaksir harganya. Namun selama 2 tahun berlian tersebut tak terjual karena ukurannya yang terlalu besar dan teknologi saat itu sulit untuk memotong berlian berukuran raksasa tersebut.

Sampai akhirnya Perdana Menteri Inggris memutuskan untuk membeli berlian itu dan dihadiahkan kepada Raja Edward VII - Raja Inggris, dan sang berlian diberi nama dari pemimpin pertambangan tersebut : Thomas Cullinan. Raja Edward VII kemudian memerintahkan untuk membuat perhiasan-perhiasan dari permata itu. Maka terciptalah Bross, Kalung, gelang, anting, tongkat, dan Mahkota kerajaan Inggris yang menakjubkan, hanya dari sebuah batu berlian.

Nah, bagi anda yang penasaran ingin melihat seperti apa perhiasan kerajaan Inggris yang tercipta dari Berlian Cullinan, berikut ini adalah beberapa foto Perhiasan Kerajaan Inggris tersebut :
Kalung - Anting Berlian Kerajaan Inggris
Kalung & Anting Kerajaan Inggris

Kalung Berlian Kerajaan inggris
Perhiasan kalung Kerajaan Inggris

Kalung dan gelang berlian kerajaan inggris
Kalung dan Gelang Kerajaan Inggris

tongkat berlian pemimpin kerajaan Inggris
Tongkat Raja-Ratu Kerajaan Inggris

Mahkota Kerajaan Inggris
Mahkota Kerajaan Inggris