Rabu, 02 November 2011

Kukang, Satwa Imut Bernasib Malang

Kukang adalah salah satu primata yang hidup di 3 pulau besar Indonesia, yaitu Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Kukang memiliki 2 mata yang besar, serta 5 jari yang kuat sehingga ia dengan mudah bisa menggenggam dan memanjat ranting-ranting dan batang pohon.












Kukang memiliki ciri khas wajah yang imut dan malu-malu. Pola warna yang dimiliki pada kukang juga menarik, yaitu satu garis gelap sepanjang tubuh yang mulai ada dari belakang kepala hingga bawah. Tidak heran kalau banyak yang menyukai kukang untuk dijadikan hewan peliharaan. Dalam ilmu klasifikasi makhluk hidup, kukang termasuk hewan jenis primata tingkat rendah.










Kukang adalah hewan nokturnal, yaitu hewan yang menghabiskan aktivitasnya di malam hari. Dengan begitu, wajar kalau hewan ini memiliki sepasang mata yang besar dan bulat untuk beradaptasi dengan kehidupan malamnya. Saat ini, hewan ini termasuk hewan yang dilindungi dan terancam punah. Tetapi tetap saja banyak ancaman bagi hewan ini.











Memiliki wajah yang imut dan lucu justru membawa petaka bagi hewan ini. Kukang selalu diburu untuk diperdagangkan dan dijadikan hewan peliharaan. Seperti pada gambar, biasanya pedagang ilegal mencabut paksa gigi tarik kukang agar tidak melukai pembeli. Sebagian kukang sakit dan mati karena luka di mulutnya. Sunggu kasihan.






Menurut Undang-undang, Kukang termasuk hewan yang dilindungi dan kemungkinan tercancam punah dalam 100 tahun kedepan. Semoga hewan ini tetap lestari dan tidak punah.









" Ayolah manusia, sadarlah, makhluk hidup butuh kebebasan ! "